Berkenalan dengan Manajer Investasi

Ketika kita berpatungan atau iuran ramai-ramai bareng teman untuk membeli sesuatu, pasti ada seseorang yang bertindak sebagai koordinator.  dalam dunia reksadana, “koordinator” semacam ini juga ada, namanya Manajer Investasi (MI)

MI reksadanalah yang memungkinkan para investor yang tak saling mengenal bisa berinvestasi bersama dalam reksadana.  Dialah yang mengumpulkan uang hasil iuran investor, menetapkan tata cara menyetor modal, mengelola seluruh dana yang terkumpul agar mendapatkan keuntungan setinggi mungkin, lalu mengembalikan dana berikut keuntungannya jika investor menghendaki.  Pendek kata, MI lah yang menjadi penyelenggara produk investasi bernama reksadana ini.

Oiya, MI bukanlah seseorang, melainkan perusahaan yang mempekerjakan para profesional.  MI harus mengantongi izin dari Badan Pengawas Pasar Modal – Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), sebelum beroperasi.  Lembaga resmi bentukan pmerintah ini mengawasi MI agar bekerja baik, tak mencurangi investor.

Di Indonesia terdapat berpuluh-puluh MI reksadana.  Masing-masing menawarkan reksadana yang berbeda.  Kelihaian MI memutar dana investor juga lain. So, memilih MI yang tepat adalah salah satu kunci sukses berinvestasi reksadana.

Sumber : Tabloid Kontan

Leave a comment